Senin, 08 November 2010

Media promosi

Media Promosi

Media Promosi adalah sarana yang digunakan untuk mengkomunikasikan suatu produk/jasa/image/perusahaan ataupun yang lain untuk dapat lebih dikenal masyarakat lebih luas. Dimana dengan promosi ini diharapkan seseorang bisa mengetahui, mengakui, memiliki, dan mengikatkan diri pada suatu barang/jasa/produk/image/perusahaan yang menjadi sasarannya. Salah satu bagian penting dari promosi adalah menentukan media promosi yang paling tepat. Misalnya Surat Kabar, Televisi, Radio, Majalah, dan lain-lain. Tentunya media-media promosi tersebut mempunyai kekurangan serta kelebihan. Berikut beberapa media promosi beserta kekurangan dan kelebihannya :
Media
Kekuatan
Kelemahan
Surat Kabar
Fleksibilitas,ketetapan waktu, coverage bisa local dan nasional, penerimaan luas, dapat dipercaya, Iklan dapat ditempatkan di lokasi yang potensial, Waktu pemaparannya cukup baru, Pembaca melakukan control terhadap paparan, Dapat menggunakan kupon
Umur informasi relative pendek, kualitas cetakan dan gambar jelek, audience terbatas yang meneruskan informasi, Kemampuan menarik perhatian rendah, Pembaca yang terpapar terseleksi
Televisi
Kombinasi visual, audio dan gerak, perhatian audience tinggi, jangkauan luas, prestisius, prestisnya tinggi, Biaya rendah per tiap orang yang terpapar, Mencapai perhatian yang tinggi, Mencapai citra yang positif
Biaya tinggi, segmentasi kompleks, pemaparan cepat, kurang dapat menyeleksi audience, frekuensi pemasangan harus sering dan berulang, Biaya absolute tinggi, Biaya produksi tinggi
Radio
Banyak pendengar, seleksi demografis dan geografis, dipercaya dan biaya relative murah, frekuensi paparan tinggi, fleksibel, Biaya produksi rendah
Hanya audio, perhatian audience rendah dibandingkan dengan TV, pemaparan cepat, mudah lupa
Majalah
Seleksi segmen lebih akurat, dipercaya, kualitas gambar dan cetakan baik, informasi berumur panjang, penerusan informasi cukup baik, Isi dan informasi tinggi
Audience harus membeli dengan harga tinggi dibandingkan dengan surat kabar, tenggang pemuatan yang lama, tidak ada jaminan mendapat posisi pemuatan yang baik, hanya visual, Fleksibilitas terbatas
Handphone
Peer to Peer, Personal segmented, Targeted, Akurat, Two way communication, Interaktif,Pengukurannya mudah, Visual Dinamis, Biaya produksi rendah, Iklan bisa disimpan dan tidak mudah hilang, Bisa diakses kapan dan dimana saja, Biaya murah
Ada keterbatasan infrastruktur data, jenis handphone berbeda-beda, Masih dalam proses edukasi pasar, Tidak bisa terlalu banyak tulisan
Outdoor
Fleksibel, mudah diubah, murah, relative ekslusif, pengulangan pemaparan tinggi
Seleksi audience rendah, kreativitas rendah, tergantung regulasi daerah
Brosur/Folder
Informasi yang diberikan spesifik, langsung ditujukan pada personal, biaya murah, Daya rangsang bisa kuat dan bisa renda tergantung atas daya tarik visual yang ditampilkan
Cenderung diabaikan jika isinya tidak menarik atau tidak berhubungan dengan kebutuhan, Ruang pesan ditentukan/dibatasi oleh kemampuan biaya
Banner, Poster
Daya jangkau dan raihan cukup besar, biaya produksi murah
Daya rangsang rendah, informasi yang ditampilkan terbatas, Biaya pajak dan perizinan tinggi, Keamanan kurangt terjamin, Jika posisinya tidak strategis, segmentasi yang dituju tidak tercapai.
Billboard, Neonbox
Daya jangkau dan raihan cukup besar, daya rangsang cukup tinggi
Biaya produksi, perawatan, perizinan, dan pajak tinggi. Informasi yang ditampilkan terbatas, Jika posisinya tidak strategis atau tidak tepat, segmentasi yang dituju tidak tercapai.
Selain itu juga terdapat beberapa medi promosi yang sering kita liat baik secara langsung maupun tidak langsung, anatara lain :

·        POSTER

biasanya dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat dan ditempel pada dinding atau bidang datar dan dibuat menarik perhatian.

·        Billboard
Pemasangannya  bisa menggunakan struktur mandiri  yang permanen, maupun menempel pada konstruksi bangunan permanen.
·        Baliho
model ini banyak digunakan untuk promosi jangka pendek atau bersifat insidentil misalnya pemilihan umum, pemilihan presiden, pemilihan lurah, atau bisa juga digunakan untuk mempromosikan event tertentu misalnya pertandingan sepak bola tarkam (turnamen antar kampung), dan lain sebagainya.
·        Banner
Model ini tak  hanya ditempel di dinding, bisa juga  dipasang pada dudukan yang ringan sehingga mudah dipindahkan.
·        Kaos
Kaos promosi adalah medium standar yang sudah pasti dilakukan oleh perusahaan dalam melakukan promosi. Bentuk yang paling sederhana dari kaos promosi adalah pemuatan logo atau tagline perusahaan di bagian depan atau belakang kaos promo.
Sumber :

1)      http://yoserizal.com/2009/08/25/pemilihan-media-promosi/

2)      http://andy.web.id/macam-macam-media-promosi-1.php

3)      http://suppliergarment.com/artikel-seputar-garment/15-kaos-sebagai-media-promosi-perusahaan

8 komentar:

  1. Infonya bermanfaat banget, makasih ya.
    Oh ya, sekedar informasi aja nih. Bagi yang membutuhkan Tempat Sewa Genset Syncronize Tangerang untuk keperluan event atau lainnya bisa coba menghubungi kami dari Arthur Teknik.

    Terima kasih ya min.
    Salam blogger.

    BalasHapus
  2. Terima kasih artikel yang sangat bagus!


    Promo Yang berlaku Di WWW.BOLATAIPAN.NET :

    - Bonus Deposit New Member 15% ( max 300 rb ) minimal TO 3x
    - Bonus Deposit 10% Setiap hari ( max 200 Rb ) Minimal TO 3x
    - Bonus Cashback Mingguan Hingga 15%
    - Bonus Refrensi 2,5% Seumur Hidup
    - Bonus Rollingan Casino 0.8%

    Nikmati Bonus Yang Disediakan langsung oleh BolaTaipan.
    Tunggu Apalagi? Daftar Dan Dapatkan Bonus Depositnya Sekarang Juga !!!
    Nikmati juga Permainan menarik yang disediakan BolaTaipan Sekarang Juga.

    SITUS PARTNER RESMI BOLA PELANGI
    SITUS PARTNER RESMI KAPAL JUDI
    SITUS PARTNER RESMI POKER PELANGI
    SITUS PARTNER RESMI TAIPAN QQ
    SITUS PARTNER RESMI TAIPAN 99

    BalasHapus
  3. Prediksi Togel Mekong 22 September 2020 Gabung sekarang dan Menangkan Hingga Ratusan Juta Rupiah !!!

    BalasHapus